Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

5 Tips Membuat Dapur Sempit Terasa Nyaman

5
(1)

Memiliki dapur yang nyaman tentu saja menjadi impian bagi banyak orang. Namun, tidak semua orang memiliki dapur berukuran lebar hingga terkadang membuat seseorang sulit mengaturnya. tidak selamanya dapur yang nyaman membutuhkan ruang yang luas karena Anda juga bisa membuatnya pada ruangan yang sempit. Anda hanya perlu mengikuti beberapa tips membuat dapur sempit terasa nyaman.

Tips Membuat Dapur Sempit Terasa Nyaman

Tips Membuat Dapur Sempit Terasa Nyaman

Tidak ada salahnya ketika anda memiliki dapur yang sempit karena anda tetap bisa membuat ruangan tersebut menjadi sebuah dapur yang nyaman. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal penyesuaian untuk memaksimalkan ukuran ruangan tersebut.

Jika anda masih kebingungan, maka bisa mengikuti beberapa tips yang sudah tersedia. Berikut Dopayu Furniture akan menjelaskan mengenai beberapa tips membuat dapur sempit terasa nyaman.

1. Memilih Furniture Berukuran Kecil

Tips membuat dapur sempit terasa nyaman yang pertama adalah dengan memilih furniture berukuran kecil. Dalam dapur sempit, pemilihan furniture yang tepat dapat membuat perbedaan besar. Pilihlah perabotan yang ringkas dan proporsional dengan ukuran ruangan dapur yang anda miliki. Memilih perabotan dapur yang praktis semakin mempermudah anda dalam beraktivitas dian dapur yang kecil.

Baca Juga :  5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Dapur Basah dan Kering

Meja dapur kecil dengan kursi berskala kecil atau bangku tanpa sandaran adalah pilihan yang baik untuk menciptakan ruang duduk yang nyaman tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang. Begitu juga dengan berbagai perabotan lainnya, seperti kompor, berbagai perabotan masak dan lainnya. Gunakan juga lemari dapur dengan ketinggian yang sesuai dan kabinet dinding untuk memaksimalkan penyimpanan perabotan dapur.

2. Penyimpanan Dinding dan Lemari Kabinet (Kitchen Set)

Optimalkan penyimpanan dengan memanfaatkan dinding sebagai ruang penyimpanan tambahan. Pemasangan rak dinding atau lemari kabinet dapat memberikan tempat untuk menyimpan peralatan dapur, termasuk panci, wajan, dan alat makan. tata sedemikian rupa berbagai perabotan tersebut di dalam penyimpanan yang sudah tersedia agar terlihat lebih rapi dan tidak berantakan.

Gunakan rak terbuka untuk menciptakan tampilan yang terlihat rapi dan memudahkan akses. Lemari dapur yang mencapai langit-langit dapat memberikan kesan ketinggian pada ruangan, menarik pandangan ke atas dan membuat ruang terasa lebih luas. Anda juga bisa memanfaatkan sudut ruangan untuk membuat kabinet dengan bentuk yang menyesuaikan sudut tersebut guna memaksimalkan penyimpanan perabotan. Dapur yang terlihat rapi akan terasa lebih nyaman dan terasa lebih lega.

Baca Juga :  5 Syarat Dapur Sehat yang Harus Terpenuhi

3. Wastafel Tunggal

Tips membuat dapur sempit terasa nyaman selanjutnya adalah dengan menggunakan wastafel tunggal. Memilih wastafel tunggal dapat memberikan lebih banyak ruang di meja dapur. Wastafel tunggal tidak hanya memberikan tampilan yang bersih dan minimalis, tetapi juga memberikan ruang lebih banyak untuk kegiatan lainnya, seperti menyiapkan bahan makanan dan semacamnya.

Dengan mengurangi jumlah peralatan dapur di meja, ruang dapur akan terasa lebih lapang dan tertata rapi. Wastafel yang dilengkapi dengan aksesori, seperti rak dan tempat penyimpanan dapat membantu mengoptimalkan ruang yang terbatas. Meski hanya menggunakan wastafel tunggal, namun anda masih bisa mencuci piring dengan maksimal hingga tidak terlalu berpengaruh pada fungsinya.

4. Tanpa Pintu

Pertimbangkan untuk tidak menggunakan pintu dapur, terutama jika dapur terhubung langsung dengan ruang makan atau ruang tamu. Tanpa pintu, aliran udara dan cahaya dapat bergerak lebih bebas antar ruangan, menciptakan kesan ruang yang lebih besar. Selain itu, dengan tidak adanya pintu di dapur bisa membuat anda lebih leluasa karena akan terasa bahwa gerakan anda tidak lagi terbatas.

Jika memungkinkan, buatlah batasan visual yang minimal antara dapur dan ruang lain dengan menggunakan elemen desain seperti menggunakan warna dinding yang berbeda antara dapur dan ruangan lainnya. Konsep tanpa pintu ini tidak hanya menciptakan ruang yang lebih besar tetapi juga memberikan nuansa modern dan terbuka. Efeknya bisa langsung anda rasakan ketika beraktivitas di dapur karena tidak lagi terasa sesak karena ruang terlalu sempit.

Baca Juga :  5 Kelebihan Dapur Modular: Cocok untuk Dapur Minimalis

5. Pencahayaan Tepat

Tips membuat dapur sempit terasa nyaman yang terakhir adalah dengan menambahkan pencahayaan yang tepat. Pencahayaan dapat memberikan dampak signifikan pada persepsi ruang hingga dapur sempit anda akan terasa lebih luas. Anda bisa menambahkan lampu khusus di atas countertop atau di atas kompor sebagai penerangan saat memasak. Jangan lupa untuk menambahkan jendela yang pas agar cahaya matahari bisa masuk ke dapur dengan baik.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa tips membuat dapur sempit terasa nyaman yang bisa anda terapkan. Dengan melakukan berbagai tips di atas, tidak masalah lagi berapapun ukuran dapur anda, tetap akan bisa terasa nyaman.

Jika anda ingin memaksimalkan dapur sempit menjadi dapur minimalis yang nyaman dengan kitchen set yang tepat, maka bisa menghubungi Dopayu Furniture. Vendor yang satu ini bisa memberikan rekomendasi yang tepat sekaligus jasa pemasangan dengan harga yang bersahabat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Klik untuk WA