Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

6 Ide Penempatan Microwave yang Tepat

0
(0)

Microwave adalah alat yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan dapur dimana anda pasti sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini. Fungsi utama dari microwave adalah untuk memanaskan makanan dengan cara yang mudah. Ukuran microwave biasanya sangat bermacam-macam, namun tetap membutuhkan ruang yang cukup besar. Oleh sebab itu, anda perlu mencari ide penempatan microwave yang tepat agar tidak membuat dapur terasa sempit.

Ide Penempatan Microwave yang Tepat

Ide Penempatan Microwave yang Tepat

Mengatur tata letak setiap perabotan di dapur merupakan langkah yang sangat penting. Hal ini dikarenakan sekalipun dapur anda besar dan perabotannya tidak terlalu banyak, namun salah dalam tata letaknya, maka bisa membuat dapur terasa sempit. Tetapi, jika anda meletakkan di posisi yang tepat, maka dapur sempit bisa terasa lebih lega. Begitu juga dengan penempatan microwave yang harus tepat. Berikut Dopayu Furniture akan menjelaskan mengenai ide penempatan microwave yang tepat.

1. Di Bawah Counter

Tidak semua dapur memiliki kabinet atau penyimpanan yang cukup besar atau banyak untuk menyimpan microwave. Jika anda juga mengalaminya, maka bisa mencoba menempatkan microwave di bawah counter. Pada kitchen set, counter menjadi bagian yang sangat sering digunakan karena menjadi bagian untuk menyiapkan bahan makanan. Terkadang, di bawah counter tersebut terkadang kosong dan tidak diisi apa-apa, meski terkadang juga dibuat kabinet bawah. Namun, selain kabinet bawah, anda bisa menempatkan microwave di sana. Kekurangannya adalah posisinya terlalu rendah hingga menyulitkan saat memasukkan dan mengeluarkan makanan dan jika anda memiliki anak kecil, area ini menjadi area yang berbahaya.

2. Di Dalam Kabinet

Jika anda merasa terganggu dengan kekurangan pada poin di atas, maka anda bisa mencoba menempatkan microwave di dalam kabinet. Jadi, anda bisa mengintegrasikan atau menyatukan microwave dengan kabinet atas hingga posisinya tidak terlalu rendah. Dengan ketinggian yang tepat dan pada posisi yang pas pula agar selain mudah digunakan, microwave tersebut juga bisa menambah keindahan tampilan dapur anda. Posisinya yang cukup tinggi membuatnya juga aman dari jangkauan anak-anak. Namun, anda harus pastikan bahwa posisinya tidak terlalu jauh dari counter kitchen set.

3. Di Lemari Cadangan

Ide penempatan microwave yang selanjutnya ada di lemari cadangan. Biasanya, lemari ini merupakan tempat penyimpanan yang tidak selalu digunakan hingga bisa anda jadikan untuk menyimpan microwave. Selain itu, posisi lemari ini biasanya berada pada ketinggian yang cukup hingga tidak akan menimbulkan bahaya untuk anak-anak, namun bagi orang dewasa yang ingin menggunakannya tetap merasa nyaman. Anda hanya perlu memastikan bahwa uang panas dari microwave bisa keluar dengan baik. Hanya saja, bagi orang yang sering menggunakan microwave, penempatan semacam ini dirasa mengganggu atau kurang nyaman.

4. Di Bagian Kabinet Atas

Sebenarnya, penempatan yang satu ini cukup mirip dengan penempatan yang sebelumnya karena sama-sama memanfaatkan kabinet atas. Bedanya, pada poin sebelumnya microwave menyatu dengan kabinet hingga seperti semi permanen. Namun, pada penempatan yang satu ini tidak sampai demikian. Anda hanya perlu memanfaatkan kabinet atas yang masih cukup kosong dan muat untuk microwave. Kekurangan dari posisi yang satu ini adalah karena posisinya tinggi, seringkali anda kesulitan melihat ke bagian dalam microwave. Oleh sebab itu, pastikan posisi kabinetnya tidak terlalu tinggi.

5. Di Rak Dinding

Ide penempatan microwave yang lainnya adalah di rak dinding dapur. Sesuai dengan namanya, rak yang satu ini berupa rak terbuka yang biasanya dipasang di dinding dapur. Oleh sebab itu, anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membuatnya. Selain itu, penempatan ini bisa membuat microwave lebih mudah dijangkau dan digunakan. Namun, kekurangannya adalah bisa jadi anda tidak bisa menggunakan rak dinding terus menerus untuk microwave karena sekalipun ukurannya kecil, biasanya bobotnya cukup berat. Hal ini menyebabkan potensi suatu saat nanti rak dindingnya rusak dan membuat microwave terjatuh. Oleh sebab itu, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu memilih bahan rak dinding yang kuat dan memasangnya dengan benar.

6. Di Lemari Terbuka

Pada area dapur biasanya ada beberapa jenis penyimpanan, seperti kabinet, lemari dinding, lemari dapur tertutup dan juga lemari terbuka. Sesuai dengan namanya, lemari yang satu ini tidak memiliki pintu dan semacamnya hingga terlihat lebih terbuka. Lemari semacam ini juga cocok digunakan sebagai tempat untuk menempatkan microwave yang aman dan nyaman. Anda hanya perlu memastikan posisinya pas, tidak terlalu tinggi maupun rendah, uap panas bisa keluar dengan baik serta mudah dijangkau oleh orang dewasa.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa ide penempatan microwave yang tepat. Dengan penempatan yang pas, maka anda bisa dengan mudah menggunakannya dan tidak menimbulkan resiko bahaya pada anak-anak. Selain itu, posisi yang pas juga tidak akan membuat dapur anda terasa lebih sempit, sekaligus membuatnya terlihat lebih rapi dan enak dipandang. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba salah satu ide di atas yang dirasa paling pas.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Klik untuk WA