Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

6 Cara Menata Dapur Ala Jepang Biar Makin Kece

0
(0)

Menata ruangan di rumah perlu anda pikirkan dengan seksama karena jika tata letak ruangan sesuai keinginan, maka bisa membuat anda nyaman. Termasuk bagian dapur yang sering anda gunakan dalam waktu yang cukup lama untuk berbagai macam kegiatan. Salah satu inspirasi tata letak ruang dapur yang bisa anda coba adalah dapur ala Jepang. Namun, sebelum itu anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara menata dapur ala Jepang biar makin kece.

Cara Menata Dapur Ala Jepang

Cara Menata Dapur Ala Jepang Biar Makin Kece

Dapur ala Jepang memang cocok untuk dijadikan sebagai referensi dapur idaman. Hal ini karena bisa membuat dapur anda terlihat lebih rapi, bersih dan juga estetik hingga enak dipandang. Jika suasana dapur sudah seperti ini, maka anda pasti bisa lebih semangat lagi selama beraktivitas di sana dan menjadi lebih betah. Berikut Dopayu Furniture akan menjelaskan mengenai beberapa cara menata dapur ala Jepang biar makin kece.

1. Bahan Kayu

Cara menata dapur ala Jepang yang pertama adalah menggunakan bahan kayu. Sebelum mengatur tata letak, sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu bahan perabotan yang digunakan di dapur. Kebanyakan desain interior ala Jepang menggunakan bahan kayu hingga tampak lebih alami dan memiliki tampilan khas. Oleh sebab itu, jika anda ingin memiliki dapur ala Jepang, maka mulailah menggunakan berbagai perabotan berbahan kayu. Selain itu, anda juga bisa menggunakan bahan lain yang memiliki corak kayu yang sudah banyak beredar saat ini.

2. Pintu Geser

Pintu geser atau yang biasa disebut dengan shoji merupakan pintu yang sangat khas dengan Jepang. Oleh sebab itu, jika anda ingin memasukkan nuansa Jepang pada dapur, bisa menggunakan pintu dapur geser. Kelebihan menggunakan pintu geser semacam ini adalah bisa lebih menghemat ruangan hingga dapur anda tidak akan terasa lebih sempit. Selain itu, penggunaan pintu geser ini biasanya dimaksudkan agar ruangan bisa mendapatkan lebih banyak cahaya alami hingga tidak membuat ruangan tersebut terasa sumpek.

3. Efek Terbuka

Jika anda merasa bahwa ukuran dapur anda terlalu kecil hingga akan terasa sempit jika menggunakan pintu, maka bisa anda atur supaya memiliki efek terbuka. Caranya adalah tidak menggunakan pintu atau sekat apapun hingga dapur bisa langsung terhubung dengan ruangan lain di sekitarnya, misalnya dengan ruang makan. Cara semacam ini bisa memberikan efek terbuka yang membuat dapur anda akan terasa lebih lega. Tips yang satu ini sangat cocok diterapkan oleh anda yang memiliki ukuran dapur kecil.

4. Prinsip Kesederhanaan

Desain interior ala Jepang, khususnya dapur biasanya menganut prinsip wabi-sabi atau kesederhanaan dan juga shibui atau minimalis. Prinsip ini menekankan kesederhanaan pada berbagai perabotan yang digunakan, baik secara warna maupun bentuk. Jadi, anda bisa menggunakan berbagai perabotan sederhana dengan desain yang biasa saja, seperti meja makan biasa, peralatan makan biasa dan semacamnya. Hindari berbagai dekorasi yang tidak perlu karena dapur ala Jepang lebih fokus pada penyimpanan daripada penampilan hingga membuatnya terlihat lebih rapi dan bersih.

5. Warna Netral

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dapur ala Jepang menganut prinsip kesederhanan. Jadi, bukan hanya diterapkan pada perabotan yang digunakan, tetapi juga pada warna dinding dapur. Sebaiknya anda menggunakan warna netral yang sederhana untuk dinding dapur, seperti warna putih. Pilihan lainnya adalah abu-abu muda yang juga termasuk warna netral. Tidak perlu ditambahkan detail-detail lain atau variasi lainnya agar nilai kesederhanaannya bisa jelas terlihat. Dengan desain sederhana tersebut, justru bisa membuat anda lebih nyaman hingga membuat lebih betah.

6. Prinsip Kanso

Dapur ala Jepang juga menggunakan prinsip kanso atau hanya yang penting-penting saja. Prinsip yang satu ini menekankan pada penggunaan barang-barang atau perabotan yang penting dan sering digunakan saja. Selain itu, barang-barang yang kurang penting atau jarang digunakan disingkirkan saja, seperti hiasan meja, dekorasi dinding dan semacamnya. Dengan demikian, semua yang ada di dapur memiliki fungsi lebih dan bisa anda manfaatkan dengan lebih maksimal. Hal ini karena barang-barang, seperti dekorasi hanya memenuhi dapur tanpa fungsi yang jelas hanya akan memenuhi dapur tanpa arti.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara menata dapur ala Jepang biar makin kece. Anda bisa mengikuti berbagai cara di atas untuk bisa mendapatkan dapur impian. Jika anda menerapkan dengan benar, maka dapur anda meski sederhana akan terlihat rapi, bersih, nyaman dan enak dipandang. Jika anda ingin memesan kitchen set atau furniture lainnya, bisa langsung menghubungi Dopayu Furniture.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Klik untuk WA