Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

5 Cara Merawat Kitchen Set Agar Awet

5
(78)

Kitchen set merupakan sebuah solusi yang tepat untuk membuat anda tampak lebih rapi dan terlihat lebih indah. Oleh sebab itu, banyak rumah-rumah modern dan minimalis pada saat ini yang sudah memiliki kitchen set di dapurnya.

Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan berkualitas hingga bisa bertahan sangat lama. Meskipun demikian,anda tetap perlu menerapkan cara merawat kitchen set dengan benar agar bisa lebih awet.

Cara Merawat Kitchen Set

Biasanya kitchen set digunakan untuk berbagai aktivitas dapur, seperti memasak dan mencuci piring. Tentu saja, hal ini membuat kitchen set sangat rawat kotor terkena berbagai macam bahan dan bumbu masakan serta minyak.

Jika anda tidak merawatnya dengan benar, maka noda-noda tersebut bisa menempel kuat dan menyebabkan kerusakan datang lebih cepat. Berikut Dopayu Furniture akan menjelaskan mengenai beberapa cara merawat kitchen set agar awet.

1. Bersihkan Secara Menyeluruh

Cara merawat kitchen set yang pertama adalah dengan membersihkan secara menyeluruh. Kitchen set biasanya memiliki berbagai macam bagian, mulai dari top table hingga kabinet. Anda perlu membersihkan kitchen set tersebut secara menyeluruh, mulai daru bagian luarnya hingga bagian dalamnya. Hal ini agar tidak ada satu bagian yang terlewatkan dan tidak ada kotoran yang menumpuk terlalu lama.

Anda bisa memulai dari bagian yang paling sering digunakan, seperti top table. Bagian yang satu ini biasanya digunakan sebagai meja untuk menyiapkan berbagai macam makanan. Tak heran apabila noda bahan dan bumbu makanan, serta minyak banyak berceceran di area ini. Setelah membersihkannya, jangan lupa sesekali juga cek bagian dalamnya dan bersihkan debu-debu yang ada di sana.

2. Bersihkan Secara Rutin

Perawatan penting yang harus diterapkan, namun terkadang terasa cukup berat adalah membersihkannya secara rutin. Jadi, bukan hanya sekali-kali saja membersihkan kitchen set, namun anda perlu membersihkannya setiap hari secara rutin. Hal ini dimaksudkan agar kitchen set selalu berada dalam kondisi yang bersih. Dengan demikian, tidak aka nada kotoran membandel, kuman, bakteri atau semacamnya yang bersarang.

Oleh sebab itu, lebih baik anda langsung membersihkan area top table setiap selesai memasak agar noda-noda masakan tidak sampai menempel kuat. Selanjutnya, untuk bagian dalam, seperti bagian dalam rak terbuka, laci dan kabinet bisa anda bersihkan paling tidak setiap seminggu sekali. Dengan membersihkan secara rutin, maka kitchen set anda bisa bertahan lebih lama karena selalu berada dalam kondisi yang bersih.

3. Kitchen Set Harus Selalu Kering

Cara merawat kitchen set yang selanjutnya adalah dengan menjaganya agar selalu dalam kondisi kering. Tips merawat yang satu ini sangat penting untuk dilaksanakan karena bisa membuat kitchen set anda betahan lebih lama. Hal ini karena untuk bisa tetap awet, maka kitchen set tidak boleh berada dalam kondisi basah terlalu lama. Jika dibiarkan dalam kondisi basah terlalu lama, maka bisa membuat jamur dan mikroba lainnya tumbuh.

Perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa bahan kitchen set yang sebenarnya sangat awet, namun bisa rusak ketika ditumbuhi jamur dan mikroba, seperti yang berasal dari bahan kayu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk langsung membersihkan dan mengelap kitchen set setiap selesai digunakan. Selain itu, anda juga bisa membiarkan piring-piring benar-benar kering terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam cabinet atau rak terbuka.

4. Merapikan Perabotan

Jika anda telah selesai membersihkan berbagai area kitchen set, jangan lupa untuk merapikan berbagai perabotan dapur ke dalam penyimpanan kitchen set dengan rapi. Perabotan yang disimpan dengan cara disusun rapi tentu saja akan lebih nyaman dilihat dan memudahkan perawatan. Anda juga tidak kebingungan mencari atau mengambilnya ketika membutuhkan perabotan tersebut.

Anda bisa memulai menyusun perabotan kecil, seperti piring-piring dan gelas yang sudah kering ke dalam cabinet atas. Bisa juga anda menyimpan perabotan lainnya, seperti mangkok dan lainnya di dalam rak terbuka atau laci. Sementara itu, perabotan yang berukuran besar bisa anda tata dengan rapi di dalam cabinet bawah. Jika anda menyimpan bahan makanan, maka sebaiknya diberi alas berupa kain. Periksa juga apakah ada bahan makanan yang mau membusuk atau tidak. Jika ada, maka segera keluarkan.

5. Tutup Bila Ada Lubang

Cara merawat kitchen set yang terakhir adalah dengan segera menutup apabila ada lubang. Sesekali, anda perlu memperhatikan detail seluruh bagian kitchen set anda. Apabila menjumpai lubang, sekecil apapun itu, maka segera tutup. Hal ini karena lubang tersebut bisa menjadi jalan masuk bagi serangga atau tikus. Jika dibiarkan, maka hewan-hewan tersebut bisa bersarang di dalam kitchen set anda dan membuatnya kotor, bau dan cepat rusak.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa cara merawat kitchen set dengan benar agar lebih awet. Dengan menerapkan berbagai cara di atas, maka anda bisa membuat kitchen set tersebut bertahan lebih lama.

Jika anda tertarik untuk memesan kitchen set yang berkualitas tinggi, maka bisa segera menghubungi Dopayu Furniture. Di sini anda bisa mendapatkan berbagai pilihan bahan dan tampilan kitchen set yang keren dengan harga yang terjangkau.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 78

No votes so far! Be the first to rate this post.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Klik untuk WA